Friday 1 February 2013

Hijau Indonesiaku, Bahagia Anak Cucuku!



Dari segi warna, warna hijau adalah warna yang kalem menurut gue. Menurut gue, warna hijau juga menyejukkan kalau dilihat. Karena apa?, karena warna hijau adalah warna daun. Daun itu berasal dari pohon. Pohon itu menyejukkan kalau kita berada di bawahnya, terutama pohon yang rindang.


"Kenapa sih ga, pohon itu menyejukkan kalau kita berteduh dibawahnya?"

Karena, pohon itu menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida.
Oksigen itu adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Sedangkan, Karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca.

Udah dulu ngomongin soal pohon. Hehehe.. :D


*******

Untuk menghijaukan bumi ini, kita harus melakukan gerakan 'Go Green'. Gerakan go green bisa kita lakukan dengan hal hal kecil yang kayak gini nih. Mau tau?

"Ya mau lah.."

Cius? Miapah? :D

Cekidot! ;)


1. Gunakan Air Seperlunya

Air itu sumber kehidupan kita. Kalau gak ada air, kita gak bisa mandi, gak bisa minum, dll. Air yang bersih dan sehat bisa menjaga lingkungan dan tubuh kita. Air jangan dibuang-buang, banyak noh diluaran sana orang yang sangat membutuhkan air tapi mereka susah mendapatkannya. Sampe ada yang harus jalan 5km untuk mendapatkan air. Sungguh miris... :(


2. Tanam Tumbuhan di Sekitar Rumah Kita

Tanaman fungsinya sangat berguna sekali bagi manusia. Kayak yang gue bahas diatas tadi. Tanaman itu dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida. Menghasilkan gas yang kita perlukan, dan mengurangi gas yang berbahaya bagi tubuh kita. Bermanfaat banget kan?. Makanya, buruan tanam tumbuhan di sekitar rumah kita.. biar jadi sejuk gitu tuh.. :D
Kalau sejuk dan nyaman kan kita sendiri yang ngerasain. Iya nggak? pasti iya dong. Hehehe :D


3. Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan

Hal terkecil yang bisa kita lakukan itu, mematikan lampu saat tidur. Selain hemat energi, mematikan lampu saat kita mau tidur itu lebih nyaman dan nyenyak saat tidur. Itu sih yang gue rasain kalau lagi tidur terus lampunya dimatiin. Teknologi yang ramah lingkungan udah banyak dijual diluaran sana. Buruan ganti dengan yang ramah lingkungan. ;)


4. Hindari Penggunaan Kantong Plastik

"Kenapa penggunaan kantong plastik harus dihindarkan?"
Karena, plastik merupakan salah satu zat yang sulit  diurai oleh bakteri-bakteri dan mineral-mineral dari tanah. Sama halnya streoform, baru bisa terurai setelah melewati umur 1000 tahun. Buset. Lama banget kan? :o Makanya, hindari penggunaan kantong plastik dan streoform. Kalau susah untuk dihindari, yaaah minimal dikurangi lah.. :)


5. Gunakan Kendaraan Bermotor Seperlunya

Orang jaman sekarang mah pergi ke warung aja yang jaraknya 50 meter, malah naik motor.  :x Sungguh terlalu malasnya orang jaman sekarang ini. Gak mau munafik, gue juga termasuk orang yang begitu kadang-kadang. Hehehe.. :D
Kalaupun lo begitu juga, ayo kita mulai dari sekarang menggunakan kendaraan bermotor sperlunya saja. ;) Toh, kita juga punya kaki yang udah dikasih sama Allah buat berjalan.
Kalau jarak tempuhnya jauh, boleh pake kendaraan bermotor. Kalo jarak tempunya dekat, buat apa?, boros bensin. Lagian jalan kaki atau 'Jakil' (bahasa kerennya) juga menyehatkan kok.


Ayo, mulai dari sekarang kita harus peduli dengan lingkungan kita.. ;)


Hijau Indonesiaku, Bahagia Anak Cucuku ! :D

No comments:

Post a Comment