Friday, 1 February 2013

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan Manusia



Ngomongin soal pohon, pohon bagi kehidupan mahluk hidup sangatlah penting menurut gue, dan gak bisa kita kesampingkan. Manusia yang apapun warna kulitnya, agamanya, dan suku bangsanya hidup di bumi yang sama. Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia untuk merawat bumi kita ini. Kalau mau punya lingkungan yang baik, maka kita harus merawatnya dengan baik juga. Mustahil terciptanya lingkungan yang baik, tanpa adanya kepedulian dari kita terhadap pohon. Pohon punya manfaat bagi kehidupan manusia. Yuk kita simak beberapa manfaat pohon bagi kehidupan manusia..

Cekidot!



1. Produsen

Di alam terjadi proses hubungan timbal balik, ketergantungan satu sama lain selalu melibatkan unsur tanaman. Baik secara langsung, maupun nggak langsung.  Rantai makanan dan Piramida makanan misalnya. Ketiganya menempatkan tanaman pada posisi strategis, yaitu sebagai penyedia makanan atau produsen. Maka dari itu, kalau tanaman yang bertindak sebagai produsen sampai terganggu keberadaannya atau bahkan terancam kepunahan, dapat dipastikan semua makhluk hidup lain pun akan terancam kepunahan pula. :)


2. Menahan Laju Air dan Erosi

Fungsi pohon lainnya adalah menahan laju air. Menurut hasil browsing gue tadi / Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60 - 80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi mencegah erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan. :)


3. Menjaga Kesuburan Tanah

Air hujan yang langsung jatuh ke tanah bisa menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur jadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir - butir airnya tidak langsung menimpah permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah. :)


4. Menghasilkan Oksigen dan Mengurangi Karbondioksida

Kayak yang di postingan gue yang sebelumnya, Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2. #tsahh :D


5. Lingkungan Menjadi Nyaman

Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, dan memperindah pemandangan. Ini true story, dan gue nggak boong. :x
Hal itu diakibatkan oleh proses evapotrenspirasi pada tanaman yang dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat. :)


6. Mengurangi Zat Pencemar Udara

Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat - zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi. Widih, ngeri kan tuh? :o

Mari kita sayangi kehidupan pohon di sekeliling kita karena itu semua sumber kehidupan buat kita. ;) Dan kalau perlu tanamlah pohon disekeliling rumah kita. Disamping memperindah rumah, juga ada fungsi lain, yaitu membuat udara disekitar kita menjadi sehat. :)

No comments:

Post a Comment